Minggu, 26 Juli 2015

BANK SAMPAH

“BANK SAMPAH GALANG PANJI”


Peran serta masyarakat dalam mendukung program pemerintah dalam mengatasi permasalah tentang sampah menjadi hal yang penting untuk dilakukan, permasalahan tentang sampah yang semakin pelik tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja tetapi menjadi tanggung jawab dari seluruh masyarakat.
            Konsep penanganan sampah tidak hanya terletak pada keberadaan tempat pembuangan sampah tetapi juga pada bagaimana system pengolahan sampah tersebut sehingga mampu mengurangi  volume sampah yang ada.  Penerapan 3R (Reuse, Recycle, Reduce) menjadi senjata utama dalam penanganan sampah terutama sampah anorganik.
            Sampah anorganik bisa menjadi berkah dengan sistem pemilahan, perlunya pemahaman tentang pemilahan sampah oleh masyarakat menjadi dasar utama untuk membantu segala bentuk program pemerintah dalam menanggulangi sampah.  Dengan pemilahan sampah menjadikan sampah tersebut dapat dimanfaatkan kembali. Sampah organic dapat dimanfaatkan sebagai kompos, dan sampah anorganik dapat dimanfaatkan menjadi bentuk-bentuk kerajinan kreatif yg bisa mengasilkan pundi-pundi uang.
            Bank sampah menjadi jawaban dalam upaya membantu masyarakat untuk memilah sampah, lewat bank sampah yang menjadikan sampah anorganik sebagai tabungan secara tidak langsung mampu membantu masyarakat untuk memilah sampah. Karena konsep dari bank sampah adalah dimana para penabung sampah harus menabungkan sampahnya yang sudah di pilah.
Salah satu bank sampah yang sudah terbentuk adalah Bank Sampah Galang Panji, yang terletak di Desa panji, Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng yang merupakan binaan Dari Pemsuda Peduli Lingkungan Bali (PPLB). Bank sampah ini diprakarsai oleh dua anak muda yang melihat peluang untuk membantu masayarakat desa Panji dalam permasalahan sampah anorganik. Karena keberadaan Bank sampah selain membantu untuk mengurangi volume sampah anorganik yang dibuang sembarangan juga bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat.

Dialah dua anak muda Nyoman Marsajaya, SPd. Dan Gede Ganesha, STP. menjadi pelopor berdirinya Bank sampah Galang Panji di Desa Panji yang telah diresmikan oleh SK Pemerintah Kabupaten buleleng melalui dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng tertanggal 13 Oktober 2014 dengan SK tersebut bank sampah galang panji telah di akui keberadaannya.  Bank Sampah galang Panji ini terletak di Banjar Dinas Kelod Kauh Desa Panji, dengan bantuan tempat oleh Kelompok Tani Kartika Kencana Desa Panji dan di ketuai oleh bapak Nyoman Somajana yang pada saat itu menjabat sebagai Kelian Banjar Dinas Kelod Kauh Desa Panji. Berdirinya Bank Sampah Galang Panji ini menjadi harapan untuk membantu masyarakat desa panji pada khususnya dalam permasalahan tentang sampah anorganik selain untuk mendukung program pemerintah kabupaten buleleng bebas sampah plastik. 

0 komentar:

Posting Komentar